Pengertian Enzim Ekstraseluler dan Contohnya

Pengertian Enzim ekstraseluler adalah merupakan sebuah enzim pencernaan di dalam tubuh manusia. Enzim tersebut memang dibedakan menjadi 2 enzim yakni enzim intraseluler dan juga ekstraseluler, kedua enzim ini memang saling bekerjasama dalam menjalankan tugasnya. Setiap enzim ini mempunyai contohnya masing – masing, contoh dari enzim intraseluler ini sendiri adalah enzim katalase. Katalase sendiri mempunyai fungsi sebagai enzim yang memecah sebuah senyawa yang cukup berbahaya yang terdapat di dalam hati. Sedangkan contoh untuk enzim ekstraseluler adalah enzim Amilase. Enzim Amilase ini sendiri mempunyai tugas untuk memecah amilum menjadi sebuah maltosa. Amilse sendiri dihasilkan oleh kelenjar ludah yang dikeluarkan oleh rongga mulut.

Pengertian enzim adalah sebuah protein yang mempunyai tugas sebagai katalis di dalam sebuah tubuh. Enzim sendiri tersusun dari berbagai komponen selain protein yang dapat membantu enzim sebagai koafaktor, koafaktor yang ada di dalam enzim ini mempunyai banyak berbagai koafaktor di dalamnya. Untuk enzim sendiri yang sebagai koafaktor disebut dengan holoenzim, berikut ini adalah beberapa koafaktor yang ada di dalam enzim :

  1. Ion – Ion Anorganik.

Ion – ion anorganik ini menjadi salah satu koafaktor yang ada di dalam ezim, ion ini menjadi salah satu hal yang terikat dengan sebuah substrat yang membuat enzim menjadi lebih efektif, contoh dari ion anorganik ini adalah amilase.

  1. Gugus Prostetik.

Gugus ini mempunyai sebuah kekuatan tambahan yang menunjang kerja enzim, contoh dari gugus ini adalah heme yang mempunyai bentuk seperti cincin pipih. Heme ini terdapat pada peroksidase dan juga pada bagian katalase.

Koenzim sendiri merupakan koafaktor yang terdiri dari berbagai molekul yang terkiat renggang dengan sebuah enzim yang menyebarkan berbagai gugus kimia dan atom dari enzim ke enzim lainnya.

Ezim ekstraseluler merupakan enzim yang disintesis di dalam sebuah sel namun bekerjanya di bagian luar sel. Itulah informasi mengenai pengertian dari enzim tersebut, pada dasarnya pada tubuh sebuah makhluk hidup terdapat banyak enzim yang bekerja untuk menjalankan tugasnya masing – masing.